Leanai Juara Hafalan Surat Pendek di TK Al Azhar 14 Semarang

2019-03-13 08:03:00

Leanai True Asmara (5) atau akrab disapa Leanai, peserta didik TK A Nasima dinobatkan sebagai juara 1 Hafalan Surat Pendek tingkat Kota Semarang yang diselenggarakan di TKI Al Azhar 14 Semarang. Dia berhasil menyisihkan  60 peserta lain dari TK-TK di Kota semarang. Selain Leanai, Alea Audrey Setiawan juga meraih juara pada even tersebut. Alea meraih Juara Harapan 1. Lomba yang diselenggarakan dalam rangka Open House TKI Al Azahar 14 Semarang tersebut dilaksanakan pada Sabtu (16/02/2019)

Raut wajah bahagia dan haru terpancar pada pembimbing lomba, Khoirul Maghfiroh AH. Selain sebagai pembimbing, Bu Maghfi, panggilan akrabnya, juga menjadi koordinator mengaji UMMI TK Nasima,  "Disaat anak seusianya sedang senang-senangnya bermain, Leanai justru bisa membagi waktunya antara bermain dan belajar. Dia mampu membaca dan menghafal surat-surat pendek dalam Alquran secara baik. Oleh karenanya, Leanai beserta anak anak TK Nasima yang lain seperti, Alea Audrey Setiawan bisa menjadi wakil dari TK NASIMA Semarang untuk mengikuti lomba hafalan surat pendek.,” kata Maghfi.

Menurutnya hal ini tidak lepas dari  metode UMMI yang diterapkan oleh TK Nasima. UMMI sendiri diambil dari bahasa Arab yang artinya Ibuku. Ibu banyak sekali jasanya kepada kita yang dengan sabar mengajarkan banyak hal dan bahasa di dunia. Pendekatan bahasa ibu sangat efektif dalam mengajar Alquran. UMMI membimbing peserta didik membaca dengan cara langsung tanpa dieja (direct method), diulang-ulang (repetition), dan penuh kasih sayang yang tulus, serta kesabaran yang luar biasa (affection). “Sistem pelatihan guru maupun penjaminan mutu yang ketat juga diterapkan. Kini Leanai dan anak anak yang lain sudah bisa menghafalkan 20 hafalan yang terdiri dari surat-surat pendek dan doa sehari hari. Menurut saya, disiplin adalah kunci bagi Leanai untuk dapat meraih kejuaraan-kejuaraanya selama ini,” tambah guru yang hafiz Alquran ini. (Yossy)

Messages