Kelas VII SMP Nasima Belajar Meracik Jamu dan Berkreasi Cokelat

2019-04-10 08:33:46

Peserta didik kelas VII SMP Nasima menunjukkan makanan cokelat kreasi masing-masing sebelum menikmatinya

 

            Peserta didik kelas VII SMP Nasima belajar di luar kelas pada Selasa, 19/3/2019. Ada 105 peserta didik yang berangkat. Lokasinya di agrowisata tanaman obat milik PT Sidomuncul dan industri makanan cokelat SeatCco di Bawen Kabupaten Semarang.

            Di objek pertama mereka mendapat paparan umum tentang sejarah PT Sidomuncul sebagai produsen jamu atau obat-obatan herbal ternama di Indonesia. Paparan dilaksanakan di aula pendapa yang berada di tengah kebun yang luas dan asri. Tanya jawab seputar industri jamu serta aneka jenis dan khasiat tanaman obat membuat suasana menjadi interaktif.

            Setelah acara klasikal, peserta didik bersama guru pendamping berkeliling kebun. Ratusan jenis tanaman obat ditanam dengan susunan yang menarik, sehingga pengunjung diharuskan berjalan di jalur jalan setapak yang tersedia. Setiap tanaman atau kelompok tanaman diberi papan informasi yang memadai. Ada tulisan nama dalam bahasa Indonesia dan bahasa Latin, serta paparan manfaatnya. 


Paparan dan tanya jawab seputar PT Sidomuncul dan tanaman obat

 

            “Melalui kunjungan ini anak-anak dapat belajar langsung tentang klasifikasi makhluk hidup. Hal ini memperkuat pengetahuan peserta didik tentang materi yang sama pada pelajaran IPA Biologi. Ada juga beberapa mata pelajaran terkait, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS Ekonomi, dan Penjasorkes,” kata koordinator kegiatan sekaligus guru IPA, Isniah MPd.

            Setelah salat Zuhur berjamaah dan makan siang, peserta didik berpindah objek belajar ke SeatCco. Di sini peserta didik memperoleh pengetahuan dan praktik mengolah cokelat menjadi makanan yang menarik sekaligus bergizi. Pembelajaran dilaksanakan langsung di ruang produksi. Anak-anak duduk rapi di area yang ditentukan. Mereka memperoleh penjelasan dan demonstrasi tentang proses pengolahan cokelat. Beberapa anak disilakan bertanya. Beberapa yang lainnya diberi kesempatan untuk mencoba praktik bersama staf pabrik.


Penjelasan dan demonstrasi pengolahan cokelat menjadi makanan lezat di ruang produksi SeatCco

 

            Setelah di ruang produksi, anak-anak disilakan berkumpul di satu ruangan besar. mereka diberi bahan dan diajari membuat makanan berbahan cokelat dengan bentuk yang menarik. Semua antusias berkreasi. Setelah jadi mereka langsung menikmatinya secara lahap.

            “Seru sekali kegiatan belajar hari ini. Belajar klasifikasi tumbuhan di kebun tanaman obat dan membuat cokelat asli di rumah produksinya langsung. Kami menjadi lebih paham sekaligus bisa praktik berkreasi,” kata Devia Permata Adie, peserta didik kelas VII A SMP Nasima. (Pram)

Messages