Sekolah Nasima

BELAJAR MENYENANGKAN DI LUAR SEKOLAH, SISWA SD NASIMA IKUTI KEGIATAN PLJN KE BERBAGAI DESTINASI EDUKATIF

Bagikan

MEWARNAI TOTEBAG : (Dari kiri) Ilham, Hafiz, Zayn, Jarvis kelas I Pati SD Nasima sangat bersemangat saat mewarnai totebag mereka. (04/11/2025)

Semarang, 9 November 2025 – SD Nasima Semarang kembali melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Jelajah Nusantara (PLJN) sebagai bagian dari program pembelajaran kontekstual yang menyenangkan dan bermakna. Tahun ini, kegiatan PLJN dilaksanakan secara serentak dengan tujuan yang berbeda sesuai jenjang kelas, yaitu Desa Wisata Lerep, Cimory on The Valley, dan Rik-Rok Magelang.

Belajar di Alam Desa Wisata Lerep

Siswa kelas 1 dan 2 mengikuti kegiatan PLJN di Desa Wisata Lerep, Ungaran. Di sana, mereka belajar mengenal kehidupan pedesaan melalui kegiatan menari ‘caping’ bersama, mewarnai totebag dan menanam cabai. Anak-anak terlihat antusias saat belajar langsung dari warga desa dan menikmati suasana alam yang asri.

“Kegiatan ini melatih anak-anak untuk lebih mencintai alam, menghargai kearifan lokal, dan belajar dari pengalaman nyata,” ujar salah satu guru pendamping, Tri Sulistiyaningrum SPd.

Petualangan Seru di Cimory

Sementara itu, siswa kelas 3 dan 4 menikmati pengalaman belajar di Cimory on The Valley, Bawen. Mereka diajak melihat proses pembuatan susu dan yoghurt, memeras susu sapi, serta mengikuti tur edukatif tentang pentingnya menjaga kesehatan dan pola makan bergizi. Selain belajar, siswa juga menikmati wahana permainan dan spot foto menarik yang membuat kegiatan semakin berkesan.

Belajar Kreatif di Rik-Rok Magelang

Adapun siswa kelas 6 berkesempatan mengikuti PLJN ke Rik-Rok Magelang, sebuah tempat wisata edukasi dan rekreasi yang menggabungkan seni, sains, dan kreativitas. Di sana, siswa belajar membuat kerajinan tangan, bereksperimen dengan bahan ramah lingkungan, serta berlatih kerja sama dalam kelompok. Kegiatan ini menjadi momen berharga sebelum mereka melanjutkan ke jenjang SMP, sekaligus mengasah keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif.

Pembelajaran Kontekstual dan Bermakna

Kepala SD Nasima, Luluk Arifatun Munasiroh SPd menyampaikan bahwa PLJN menjadi sarana penting untuk memperluas wawasan siswa di luar ruang kelas.

“Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar dari buku, tetapi juga dari pengalaman langsung. Mereka belajar berinteraksi, mengamati, dan menghargai lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Dengan kegiatan PLJN ini, SD Nasima terus berkomitmen menghadirkan pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan, yang menguatkan karakter serta menumbuhkan rasa ingin tahu siswa terhadap dunia di sekitarnya.(SD Nasima.

MEMERAH SUSU SAPI : Wisnu Cakra Wardhana kelas IV Pontianak SD Nasima terlihat antusias saat mencoba memerah susu sapi di Cimory on The Valley. Melalui kegiatan PLJN (Pembelajaran di Luar Jaringan) ini, siswa belajar tentang proses produksi susu dan pentingnya menghargai kerja peternak. (21/10/2025)

BELAJAR SAMBIL BERKARYA : (Dari kiri) Khenzo, Vino dan Ozil siswa kelas VI Tual SD Nasima terlihat fokus membuat kerajinan tangan pensil boneka di Rik-Rok Magelang. Serunya belajar di luar kelas sambil menyalurkan kreativitas. (29/10/2025)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *