DEKADE KEEMPAT: Segenap organ YPI Nasima bersama guru dan tenaga kependidikan Sekolah Nasima seusai rapat kerja. Mereka siap bersinergi memasuki dekade keempat lembagadengan kinerja dan inovasi terbaik dalam rangka meningkatkan kualitas secara berkelanjutan.
Sekolah Nasima Semarang menyelenggarakan serangkaian kegiatan Rapat Kerja (Raker) Tahun Ajaran 2025/2026 mulai Mei sampai Juli 2025. Tema raker adalah “Entering the 4th Decade of Nasima School by Strengthening the Quality of Programs” yang berarti “Memasuki Decade ke-4 Sekolah Nasima dengan Penguatan Kualitas Program”. Rangkaian raker terdiri dari penyusunan laporan dan evaluasi program tahun ajaran 2024/2025 di semua unit, presentasi laporan dan evaluasi, sosialisasi tema raker dan pembekalan materi program kerja, penyebaran kuisioner kualitas layanan pendidikan dan masukan oleh orang tua peserta didik, penyusunan rencana program, presentasi rencana program kerja, penyempurnaan rencana program kerja, pengesahan program kerja atau puncak raker, dan sosialisasi program kerja ke warga sekolah.
“Yayasan dan semua unit pendidikan Sekolah Nasima bertekad untuk melakukan penguatan program-program yang menjadi ciri khas dan keunggulan. Pada masa khidmah 2019-2024 Pengurus YPI Nasima mencanangkan tiga program strategis, yaitu pewujudan Sekolah Nasima bertaraf internasional dan berbasis teknologi informasi terapan, serta penguatan karakter. Kemudian Pembina YPI Nasima kembali memberi amanah kepada kami untuk melanjutkan khidmah kepengurusan 2024-2029 sekaligus memperkuat program-program yang sudah ada, maka semua elemen mesti memperkokoh sinergi dan penguatan di berbagai bidang untuk mewujudkan tiga program utama tersebut,” kata Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd dalam sambutannya saat puncak Raker Sekolah Nasima Tahun Ajaran 2024/2025 pada Sabtu 5/7/2025.
Proses rapat kerja
Rangkaian kegiatan Raker Sekolah Nasima dimulai pada Selasa 6/5/2025 dengan agenda sosialisasi agenda rapat kerja tahun ajaran 2025/2026 serta panduan umum penyusunan laporan dan evaluasi program tahun ajaran 2024/2025. Sosialisasi tersebut dilakukan pada forum rapat pimpinan yang dihadiri oleh Pengurus Harian YPI Nasima, jajaran direktur di Badan Eksekutif YPI Nasima, serta Kepala KB-TK, SD, SMP, dan SMA Nasima bersama masing-masing satu wakil kepala sekolah. “Sosialisasi agenda raker serta pemaparan panduan penyusunan laporan dan evaluasi perlu dilakukan guna menguatkan koordinasi dan konsolidasi semua elemen Sekolah Nasima. Selain itu juga dalam rangka menjaga fokus lerja pimpinan di tengah padatnya kegiatan sekolah pada akhir tahun ajaran,” kata Direktur Litbang YPI Nasima sekaligus Koordinator Kegiatan Raker Sekolah Nasima, Supramono MPd.
Penyusunan laporan dan evaluasi di semua unit dilakukan selama dua pekan. Kepala sekolah bersama para wakilnya melakukan proses penyusunan laporan dan evaluasi dengan melibatkan semua guru serta tenaga kependidikan yang dibagi dalam beberapa kelompok. Presentasi laporan dan evaluasi keterlaksanaan program tahun 2024/2025 dilakukan pada forum rapat pimpinan di Aula Parigi SD Nasima pada Selasa 27/5/2025. Setiap unit mempresentasikan laporan dan evaluasi internalnya. Peserta rapat yang terdiri dari organ yayasan, badan eksekutif, dan unit lain menambahi dengan kritik dan saran membangun.
RENCANA PROGRAM: Tim Pimpinan SD Nasima sedang memaparkan rencana program tahun ajaran 2025/2026 di forum yang dihadiri organ yayasan, badan eksekutif, serta pimpinan semua unit Sekolah Nasima (26/6/2025).
“Laporan dan evaluasi merupakan wujud pertanggungjawaban unit sekolah dalam mengejawantahkan visi misi serta program induk yang digariskan yayasan. Semua terbuka terhadap kritik dan saran. Semuanya bermanfaat sebagai bahan untuk perbaikan serta penyusunan program unit pada tahun selanjutnya,” ujar Supramono.
Setelah melakukan evaluasi serta menelaah hasil kuisioner Litbang, semua unit Sekolah Nasima mulai menyusun program kerja. Dirlitbang selaku koordinator memfasilitasi semua pemangku kebijakan di Sekolah Nasima untuk berkumpul pada suatu forum guna mendapat arahan serta masukan penguatan dari Pengurus maupun Badan Eksekutif YPI Nasima sebelum menyusun program kerja. “Masa khidmah kepengurusan tahun 2024-2029, diamanahi Pembina untuk melakukan penguatan dan percepatan dalam mewujudkan program-program strategis kita,” kata Indarti saat mengawali rapat pembekalan penyusunan program pada Selasa 17/6/2025. Dia memberi pembekalan sambil menyajikan skema atau bagan pokok-pokok program kerja di layar interractive flat panel (IFP) atau smart board.
Setelahnya, Dirlitbang, Supramono MPd menjabarkan pokok-pokok program tersebut menjadi contoh-contoh program inovatif yang implementatif serta fokus pada realisasi program pokok yayasan dan pencapaian target-target. “Program penguatan dan percepatan dijabarkan dalam empat aspek yaitu aspek penyediaan fasilitas, jenis kegiatan, karya inovatif atau kreatif, dan prestasi atau wujud pencapaian. Lebih utama lagi selama setahun ini kita menyiapkan International Class Program (ICP) yang akan resmi operasional pada tahun ajaran 2026/2027 atau Juli 2026,” kata Supramono.
Kompetensi eksakta misalnya. Menurut Supramono, pada aspek fasilitas, semua unit harus merevitalisasi laboratorium-laboratorium IPA, Matematika, dan sebagainya melalui penataan ulang dan melengkapinya dengan aneka peralatan laboratorium yang terbaru, seperti smartboard dan lainnya. Pada aspek kegiatan, jadwal kurikuler pelajaran IPA, Matematika, dan sebagainya menerapkan materi dari buku Cambridge. Pembelajaran diatur proporsional antara pembelajaran di kelas dengan praktik-praktik di laboratorium. Selain kurikuler juga perlu ada ekstrakurikuler terkait sains daan matematika, seperti ekstrakurikuler karya ilmiah remaja, science club, dan sejenisnya. Pada aspek prestasi, peserta didik mampu meraih prestasi akademik yang unggul, menjadi juara di berbagai ajang kompetisi sains, dan pencapaian-pencapaian lainnya.
Setelah mengikuti pembekalan tersebut kepala sekolah dan para wakil kepala sekolah memandu dan memfasilitasi para guru dan tenaga kependidikan di masing-masing unit untuk menyusun rencana program kerja. Semua elemen dilibatkan dalam kelompok-kelompok bidang program. Masa penyusunan rencana program kerja tahun 2025/2026 berlangsung sampai Rabu 26/6/2025.
Kamis 27/6/2025 diselenggarakan forum presentasi rencana program kerja semua unit sekolah. Tempatnya di ruang Parigi SD Nasima Jalan Puspanjolo Selatan 53 Semarang. Presentasi dilaksanakan secara berkesinambungan. Pertama yang tampil presentasi adalah tim SMP Nasima, dilanjutkan tim SMA Nasima, lalu SD Nasima, dan terakhir adalah KB-TK Nasima. Semua presentasi program dibuat dalam teks bahasa Inggris menggunakan canva atau powerpoint. Penyampaiannya pun mayoritas menggunakan bahasa Inggris yang lancar.
Tim SMP Nasima terdiri dari Yudina Tri Heryanti MPd, Sri Ni’matul Rupiah MPd, Muh Miftahur Rizaq SPd, dan Karni Dwi Irmaningsih MPd. Tim SMA Nasima seperti halnya urutan jabatan di SMP Nasima, terdiri dari Kepala Sekolah, Sri Utami SPd Gr serta tiga Wakil Kepala Sekolah, yaitu Isnayani Tabi’ul Mursyida MPd (Bidang Kurikulum dan Pengajaran), Suroyatul Isniah SPd MSi (Bidang Kesiswaan dan Ekstrakurikuler), dan Amalia Puspita Rengganis MPd (Bidang Administrasi dan Sarana Prasarana). Tim SD Nasima terdiri dari Lulu’ Arifatun Munasyiroh SPd, Bunga Raya Agustina SPd, Muh Khoirun Nafi SPd, Dania Syafaati SPd, dan satu wakil baru, yaitu Ria Budi Ashari SPd (Bidang Humas dan Publikasi). Sedangkan rencana program kerja KB-TK Nasima disajikan oleh Kepala Sekolah, Nur Anisah SS MPd dan wakilnya, Sulis Setiyo Rini SPd.
MARKETING SEKOLAH: Direktur Utama PT Mandiri Artha Solusi, Kurnia Djaty (berdiri) sedang membagi praktik baik tentang strategi dan metode pemasaran sekolah yang efektif namun berkelas di depan para guru dan tenaga kependidikan Sekolah Nasima.
Puncak rapat kerja
Setelah berproses selama dua bulan Rapat Kerja Sekolah Nasima 2025/2026 sampai pada puncak kegiatan. Semua organ yayasan, guru, dan tenaga kependidikan hadir dalam forum puncak raker yang dihelat selama dua hari pada Jumat-Sabtu, 4-5/7/2025.
Agenda pada Jumat pagi-siang 5/7/2024 adalah kegiatan pengembangan SDM bersama PT Mandiri Artha Solusi selaku penyedia Interractive Flat Panel (IFP) atau papan tulis digital bagi semua unit Sekolah Nasima. Materi pertama adalah pengembangan kompetensi marketing sekolah oleh Direktur Utama PT Mandiri Artha Solusi, Kurnia Djaty. Materi kedua adalah workshop keterampilan memanfaatkan fitur-fitur oleh tim teknis MAXHUB. Kegiatan diikuti sekitar 250 guru dan tenaga kependidikan semua unit Sekolah Nasima. Setelah shalat Jumat dan makan siang Direktur Litbang, Supramono MPd mempresentasikan hasil kuisioner kepuasan pelanggan terhadap layanan pendidikan Sekolah Nasima dan garis besar program kerja semua unit sekolah, terutama yang inovatif dan fokus pada penguatan serta percepatan program yayasan.
KEBIJAKAN TERBARU: Direktur Eksekutif YPI Nasima, Hj Mila Christanty SPd MM (berdiri) menyampaikan poin-poin penting kebijakan manajemen terkaiit kependidikan, kepegawaian, sarana prasarana, dan keuangan sebagai pilar penting Sekolah Nasima.
SKEMA PROGRAM: Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd memaparkan skema program induk YPI Nasima agar lebih nudah dipahami dan dijabarkan secara implementatif serta komprehensif (5/7/2025).
Sabtu 5/7/2025 kegiatannya juga ada dua sesi. Sesi pagi-siang adalah presentasi penguatan kelembagaan. Materi pertama adalah kebijakan-kebijakan manajemen oleh Direktur Eksekutif YPI Nasima, Hj Mila Christanty SPd MM. Materi kedua adalah visi, misi, program induk yayasan, dan sistem pengelolaan lembaga berbasis kualitas, inovasi, wawasan global, serta berorientasi pada masa depan. Pematerinya adalah Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd.
Acara pada hari kedua puncak rapat kerja dihadiri oleh organ yayasan yang lebih lengkap. Anggota Pendiri sekaligus Pembina YPI Nasima, Dewi Nasima SKel MSc hadir dari awal sampai akhir acara. Hadir pula Ketua Pembina YPI Nasima, KH Hanief Ismail Lc, Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd dan jajaran, serta Ketua Pengawas YPI Nasima, Drs H Ragil Wiratno MH beserta jajaran. Seluruh guru dan tenaga kependidikan hadir. Total lebih dari 250 orang yang hadir.
PEMIMPIN YANG HANDAL: Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd (nomor 4 dari kiri), Sekretaris YPI Nasima, Dr Dwi Sukaningtyas MPd (paling kiri), Direktur Eksekutif YPI Nasima, Hj Mila Christanty SPd MM (nomor 4 dari kanan), dan Direktur SDM YPI Nasima, Hj Dwi Astuti SPd MM (paling kanan) bersama Kepala KB-TK, SD, SMP, dan SMA Nasima seusai menngesahkan serta menyerahkan program kerja masing-masing (5/7/2025).
Susunan acara puncak raker hari kedua tersebut antara lain pembukaan khas Sekolah Nasima, sambutan koordinator rapat kerja (Direktur Litbang), pengesahan program kerja dan rencana anggaran belanja semua unit, sambutan Ketua Pengawas YPI Nasima yang diwakili oleh Anggota Pengawas, Dr H Najahan Musyafak MA, sambutan Ketua Pengurus YPI Nasima, nasihat Ketua Pembina YPI Nasima, penyerahan surat-surat keputusan kepegawaian, doa, dan menyanyi lagu “Kebyar-kebyar”.
Penyerahan surat keputusan (SK) kepegawaian yang pertama adalah SK YPI Nasima terkait pengangkatan kembali Kepala SMP Nasima, Yudina Tri Heryanti MPd untuk periode jabatan kedua, yaitu 2025-2028. SK kedua terkait pengangkatan guru dan tenaga kependidikan baru setelah dinyatakan diterima dan lolos serangkaian seleksi kompetensi maupun kepribadian. SK ketiga terkait peningkatan status kepegawaian (dari guru honorer menjadi blok, tidak tetap menjadi tetap). Penyerahan SK yang terakhir adalah SK purnatugas.
PURNATUGAS: Anggota Pembina YPI Nasima, Tribekti Nasima BA SKom (nomor 2 dari kiri), Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd (paling kanan), Ketua Pengawas YPI Nasima, Drs H Ragil Wiratno MH (paling kiri) bersama dengan tiga guru Sekolah Nasima yang memasuki masa pensiun, yaitu (dari kiri memegang piagam) Dra Hj Fajriyah, Joko Sulistiyono SPd, Marjono SPd, dan Lin Widiastuti SPd.
“Kami selalu bersyukur dan bangga atas semangat dan kinerja semua elemen Sekolah Nasima yang selalu menyusun program-program inovatif sekaligus pencapaian-pencapaian target kualitas yang terus meningkat. Kami berpesan kepada ibu bapak semua untuk bersyukur atas semua yang diraih, tidak jumawa dan cepat puas, namun selalu mengevaluasi diri agar lembaga ini terus dinamis dan berkembang pesat sepanjang masa. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa melimpahkan ridha dan pertolongan kepada kita,” kata nasihat Ketua Pembina, KH Hanief Ismail Lc. “Kami juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada rekan-rekan yang menerima SK pada hari ini. Selamat menjalankan amanah tugas sebaik-baiknya. Kepada Bu Tutik, Pak Ratmin, dan Pak Wardoyo yang purnatugas. Terima kasih atas segala dedikasinya. Semoga selalu sehat dan tetap bermanfaat,” tambah Kyai Hanief.
USAHA DAN DOA: Ketua Pembina YPI Nasima, KH Hanief Ismail Lc sedang memberi nasihat-nasihat berharga kepada semua warga Sekolah Nasima.
Sosialisasi program
Sepekan setelah pengesahan program kerja, semua unit sekolah melakukan sosialisasi kepada warga sekolah. Pertama, sosialisasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui forum rapat tatap muka. Meskipun pada prosesnya para guru ikut menyusun program, namun mereka terbagi tugasnya di beberapa bidang sehingga belum mengetahui program secara utuh dan komprehensif. Setelah itu diteruskan sosialisasi kepada orang tua peserta didik secara kombinatif, yaitu secara daring dan tatap muka.
“Sosialisasi program kerja kami lakukan secara bergelombang dan masif ke semua warga sekolah agar semua memiliki pemahaman yang setara. Alhamdulillah semua memberi respon positif. Selanjutnya kita bangun komunikasi, koordinasi, dan sinergi agar pelaksanaan program lancar serta efektif mencapai target,” kata Kepala KB-TK Nasima, Nur Anisah SS MPd seusai melakukan sosialisasi program kerja sekaligus silaturahmi awal tahun dengan orang tua peserta didik KB TK Nasima. Tempatnya di Aula KB-TK Nasima Jalan Puspanjolo Tengah Raya 69 Semarang. (naskah: Pram, foto: Nur)