FOKUS: Salah satu peserta lomba coding fokus mengerjakan projek dalam lomba Coding tingkat SD-SMP se Kota Semarang
Semarang, 31 Oktober 2025 — Suasana cerah di Sabtu pagi terasa berbeda di lingkungan SD Nasima. Sejak pukul 08.00, aula sekolah sudah dipenuhi oleh anak-anak yang datang membawa laptop dan rasa ingin tahu yang tinggi. Hari itu, SD Nasima bersama EduCourse menggelar Lomba Scratch “Coding for Youth Batch 2”, sebuah ajang yang mengajak siswa untuk berkreasi dan berinovasi melalui dunia coding.
Sebanyak 101 peserta dari tingkat SD dan SMP se-Kota Semarang ambil bagian dalam kegiatan ini. Dengan penuh semangat, mereka menampilkan karya digital hasil buatan sendiri menggunakan Scratch, platform pemrograman visual yang mudah dipahami anak-anak. Dari animasi edukatif, permainan interaktif, hingga cerita digital yang penuh warna, setiap proyek memperlihatkan kemampuan berpikir logis dan imajinasi luar biasa dari para peserta.
Selama perlombaan, suasana aula terasa hidup namun tetap tertib. Anak-anak bekerja dengan serius, mencoba berbagai kombinasi kode dan logika untuk mewujudkan ide mereka. Di sela kegiatan, mentor dari EduCourse memberikan bimbingan dan motivasi agar peserta tak hanya belajar membuat program, tetapi juga memahami nilai kreativitas di baliknya. “Kami ingin anak-anak memahami bahwa teknologi bisa menjadi sarana untuk mencipta dan berinovasi, bukan hanya untuk digunakan,” ujar Fikky Aprico salah satu perwakilan EduCourse.
Kepala SD Nasima, Lulu’ Arifatun Munasiroh SPd mengapresiasi semangat seluruh peserta dan pihak penyelenggara. “Kegiatan seperti ini sangat relevan dengan kebutuhan pendidikan masa kini. Anak-anak belajar berpikir kritis, bekerja sama, dan menyalurkan ide secara kreatif. Kami bangga SD Nasima bisa menjadi bagian dari upaya menyiapkan generasi muda yang siap menghadapi era digital dengan karakter yang kuat,” ungkapnya.
Menjelang sore, kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang dan pemberian penghargaan bagi karya terbaik. Namun lebih dari sekadar kompetisi, Coding for Youth Batch 2 menjadi pengalaman berharga bagi peserta untuk mengenal dunia pemrograman dengan cara yang menyenangkan. Dari SD Nasima, semangat anak-anak Semarang untuk menjadi pencipta teknologi masa depan terus tumbuh dan menginspirasi. (SD Nasima)

Good job. Sukses selalu untuk SD Nasima.