Sekolah Nasima

Rapat Kerja Sekolah Nasima 2024/2025 “Strenghtening and Accelerating Steps to Realize Programs”

Bagikan

SEMANGAT DAN SINERGI: Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd (paling kanan), Direktur Eksekutif YPI Nasima, Hj Mila Christanty SPd MM (paling kiri), dan Direktur Pendidikan I YPI Nasima, Sri Budiani MPd (nomor 2 dari kiri) bersama Kepala KB-TK, SD, SMP, dan SMA Nasima seusai menngesahkan serta menyerahkan program kerja masing-masing (6/7/2024).

Sekolah Nasima Semarang menyelenggarakan serangkaian kegiatan Rapat Kerja (Raker) Tahun Ajaran 2014/2025 mulai Mei sampai Juli 2024. Tema raker adalah “Strenghtening and Accelerating Steps to Realize Programs Toward Indonesia Raya” yang berarti “Penguatan dan Percepatan Langkah Mewujudkan Program Menuju Indonesia Raya”. Rangkaian raker terdiri dari penyusunan laporan dan evaluasi program tahun ajaran 2023/2024 di semua unit, presentasi laporan dan evaluasi, sosialisasi tema raker dan pembekalan materi program kerja, penyebaran kuisioner kualitas layanan pendidikan dan masukan oleh orang tua peserta didik, penyusunan rencana program, presentasi rencana program kerja, penyempurnaan rencana program kerja, pengesahan program kerja atau puncak raker, dan sosialisasi program kerja ke warga sekolah.

“Yayasan dan semua unit pendidikan Sekolah Nasima bertekad untuk melakukan penguatan dan percepatan langkah mewujudkan program-program yang telah disusun. Pada masa khidmah 2019-2024 Pengurus YPI Nasima mencanangkan tiga program strategis, yaitu pewujudan Sekolah Nasima bertaraf internasional dan berbasis teknologi informasi terapan, serta penguatan karakter. Karena tahun ini adalah tahun terakhir masa khidmah, maka semua elemen mesti melakukan penguatan dan percepatan di berbagai bidang untuk mewujudkan tiga program utama tersebut,” kata Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd dalam sambutannya saat puncak Raker Sekolah Nasima Tahun Ajaran 2024/2025 pada Sabtu 6/7/2024.

Evaluasi dan refleksi

Rangkaian kegiatan Raker Sekolah Nasima dimulai pada Selasa 14/5/2024 dengan agenda sosialisasi agenda rapat kerja tahun ajaran 2024/2025 serta panduan umum penyusunan laporan dan evaluasi program tahun ajaran 2023/2024. Sosialisasi tersebut dilakukan pada forum rapat pimpinan yang dihadiri oleh Pengurus Harian YPI Nasima, jajaran direktur di Badan Eksekutif YPI Nasima, serta Kepala KB-TK, SD, SMP, dan SMA Nasima bersama masing-masing satu wakil kepala sekolah. “Sosialisasi agenda raker serta pemaparan panduan penyusunan laporan dan evaluasi perlu dilakukan guna menguatkan koordinasi dan konsolidasi semua elemen Sekolah Nasima. Selain itu juga dalam rangka menjaga fokus lerja pimpinan di tengah padatnya kegiatan sekolah pada akhir tahun ajaran,” kata Direktur Litbang YPI Nasima sekaligus Koordinator Kegiatan Raker Sekolah Nasima, Supramono MPd.

Penyusunan laporan dan evaluasi di semua unit dilakukan selama dua pekan. Kepala sekolah bersama para wakilnya melakukan proses penyusunan laporan dan evaluasi dengan melibatkan semua guru serta tenaga kependidikan yang dibagi dalam beberapa kelompok. Presentasi laporan dan evaluasi keterlaksanaan program tahun 2023/2024 dilakukan pada forum rapat pimpinan di Aula Parigi SD Nasima pada Selasa 28/5/2024. Setiap unit mempresentasikan laporan dan evaluasi internalnya. Peserta rapat yang terdiri dari organ yayasan, badan eksekutif, dan unit lain menambahi dengan kritik dan saran membangun.

REFLEKSI-EVALUASI: Para Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah KB-TK, SD, SMP, dan SMA Nasima bersama jajaran Badan Eksekutif dan Pengurus Harian YPI Nasima melakukan evaluasi menyeluruh dan terbuka terhadap program 2023/2024 yang telah dilaksanakan (28/5/2024).

“Laporan dan evaluasi merupakan wujud pertanggungjawaban unit sekolah dalam mengejawantahkan visi misi serta program induk yang digariskan yayasan. Semua terbuka terhadap kritik dan saran. Semuanya bermanfaat sebagai bahan untuk perbaikan serta penyusunan program unit pada tahun selanjutnya,” ujar Supramono.

Kuisioner layanan pendidikan

Dalam rangka melengkapi refleksi dan evaluasi lembaga, Direktorat Penelitian dan Pengembangan (Dirlitbang) YPI Nasima melakukan penelitian terhadap kualitas layanan pendidikan Sekolah Nasima. Instrumen penelitian yang dipergunakan berupa kuesioner. Guna memenuhi validitas isi & bobot instrumen, awalnya dilakukan telaah mendalam tentang aspek-aspek pendidikan yang diselenggarakan di Sekolah Nasima. Selanjutnya, dari setiap aspek diuraikan lagi sub aspek sebagai indikator. Dalam proses pembuatan dan penyiapan kuesioner evaluasi Dirlitbang YPI Nasima bekerja selama sekitar sebulan sampai menghasilkan instrumen evaluasi untuk setiap unit pendidikan.

Kuesioner tersebut digunakan setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kuisioner terdiri dari pertanyaan tertutup dan terbuka. Pertanyaan tertutup dijawab dengan pilihan jawaban seperti sangat baik, baik, cukup baik, serta kurang baik dan sejenisnya. Pertanyaan terbuka dijawab dengan mengetik kritik dan saran secara bebas namun konstruktif. Kuisioner disusun dalam format online di Microsoft Office 365 yang disebar ke semua orang tua peserta didik sebagai responden di seluruh unit pendidikan melalui wali kelas. Masa pengisian kuisioner tanggal 12-21/6/2024.

KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN: Laporan Litbang YPI Nasima menunjukkan tingkat kepuasan orang tua yang relatif tinggi terhadap layanan pendidikan di setiap jenjang Sekolah Nasima.

Setelah berakhir masa pengisian, tim Dirlitbang melakukan proses analisis dan menyusun laporan penelitian. Jawaban kuisioner sangat baik dan baik dikategorikan pada tingkat penilaian baik. Tindak lanjutnya adalah dipertahankan dan/atau ditingkatkan. Jawaban cukup baik dan kurang baik dikategorikan pada tingkat penilaian belum baik. Tindak lanjutnya adalah segera dianalisis penyebab kekurangan dan ditentukan langkah-langkah perbaikannya.

Laporan singkat penelitian adalah sebagai berikut. Orang tua atau responden yang terlibat mengisi kuisioner sejumlah 1270 orang atau 89,34% dari keseluruhan orang tua Sekolah Nasima. Dari jumlah itu responden yang menyatakan bahwa layanan pendidikan Sekolah Nasima tahun 2023/2024 adalah “baik” sejumlah 87,6%. Persentase ini meningkat pesat dari tahun sebelumnya, yaitu 79,8%

“Terima kasih kepada orang tua peserta didik yang telah berpartisipasi mengisi kuisioner dari Dirlitbang. Alhamdulillah tingkat kepuasan terhadap layanan pendidikan Sekolah Nasima juga meningkat. Masukan-masukan berharga juga sekolah dapatkan dari orang tua demi kemajuan lembaga. Ini menunjukkan tingkat kepedulian orang tua yang tinggi dan sinergi antara sekolah dengan orang tua terjalin sangat kuat,” kata Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd.

Penyusunan program

Setelah melakukan evaluasi serta menelaah hasil kuisioner Litbang, semua unit Sekolah Nasima mulai menyusun program kerja. Dirlitbang selaku koordinator memfasilitasi semua pemangku kebijakan di Sekolah Nasima untuk berkumpul pada suatu forum guna mendapat arahan serta masukan penguatan dari Pengurus maupun Badan Eksekutif YPI Nasima sebelum menyusun program kerja. “Seiring berakhirnya periode lima tahunan dalam perjalanan Sekolah Nasima maupun berakhirnya masa khidmah kepengurusan tahun 2019-2024, maka kita perlu melakukan penguatan dan percepatan dalam mewujudkan program-program strategis kita,” kata Indarti saat mengawali rapat pembekalan penyusunan program pada Selasa 4/6/2024. Dia memberi pembekalan sambil menyajikan skema atau bagan pokok-pokok program kerja di layar interractive flat panel (IFP) atau smart board.

Setelahnya, Dirlitbang, Supramono MPd menjabarkan pokok-pokok program tersebut menjadi contoh-contoh program inovatif yang implementatif serta fokus pada realisasi program pokok yayasan dan pencapaian target-target. “Program penguatan dan percepatan dijabarkan dalam empat aspek yaitu aspek penyediaan fasilitas, jenis kegiatan, karya inovatif atau kreatif, dan prestasi atau wujud pencapaian,” kata Supramono.

Kompetensi eksakta misalnya. Menurut Supramono, pada aspek fasilitas, semua unit harus merevitalisasi laboratorium-laboratorium IPA, Matematika, dan sebagainya melalui penataan ulang dan melengkapinya dengan aneka peralatan laboratorium yang terbaru, seperti smartboard dan lainnya. Pada aspek kegiatan, jadwal kurikuler pelajaran IPA, Matematika, dan sebagainya menerapkan materi dari buku Cambridge. Pembelajaran diatur proporsional antara pembelajaran di kelas dengan praktik-praktik di laboratorium. Selain kurikuler juga perlu ada ekstrakurikuler terkait sains daan matematika, seperti ekstrakurikuler karya ilmiah remaja, science club, dan sejenisnya. Pada aspek kreativitas, peserta didik dan guru produktif menghasilkan laporan percobaan, alat peraga, karya ilmiah, dan sebagainya. Pada aspek prestasi, peserta didik mampu meraih prestasi akademik yang unggul, menjadi juara di berbagai ajang kompetisi sains, dan pencapaian-pencapaian lainnya.

“Pokok-pokok dan fokus program yang kita paparkan di forum ini silakan didiskusikan di masing-masing unit. Jabarkan menjadi program-program yang inovatif sekaligus implementatif dalam rangka penguatan dan percepatan dalam mencapai target-target bersama,” imbuh Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd menguatkan.

MEMANTIKSPIRIT: Direktur Litbang YPI Nasima, Supramono MPd memantik semangat dan kreativitas jajaran pimpinan unit Sekolah Nasima untuk menyusun program kerja yang benar-benar fokus, inovatif, dan strategik untuk memperkuat serta mempercepat pencapaian target program induk YPI Nasima (4/6/2024).

Setelah mengikuti pembekalan tersebut kepala sekolah dan para wakil kepala sekolah memandu dan memfasilitasi para guru dan tenaga kependidikan di masing-masing unit untuk menyusun rencana program kerja. Semua elemen dilibatkan dalam kelompok-kelompok bidang program. Masa penyusunan rencana program kerja tahun 2024/2025 berlangsung sampai Senin 24/6/2024.

Selasa 25/6/2024 diselenggarakan forum presentasi rencana program kerja semua unit sekolah. Tempatnya di ruang Polewali SMA Nasima. Presentasi dilaksanakan secara berkesinambungan. Pertama yang tampil presentasi adalah tim SMA Nasima, dilanjutkan tim SMP Nasima, lalu SD Nasima, dan terakhir adalah KB-TK Nasima. Semua presentasi program dibuat dalam teks bahasa Inggris menggunakan canva atau powerpoint. Penyampaiannya pun mayoritas menggunakan bahasa Inggris yang lancar.

Tim SMA Nasima terdiri dari Kepala Sekolah, Sri Utami SPd Gr serta tiga Wakil Kepala Sekolah, yaitu Isnayani Tabi’ul Mursyida MPd (Bidang Kurikulum dan Pengajaran), Suroyatul Isniah SPd MSi (Bidang Kesiswaan dan Ekstrakurikuler), dan Amalia Puspita Rengganis MPd (Bidang Administrasi dan Sarana Prasarana). Tim SMP Nasima seperti halnya urutan jabatan di SMA Nasima, terdiri dari Yudina Tri Heryanti MPd, Sri Ni’matul Rupiah MPd, Muh Miftahur Rizaq SPd, dan Karni Dwi Irmaningsih MPd. Tim SD Nasima terdiri dari Lulu’ Arifatun Munasyiroh SPd, Bunga Raya Agustina SPd, Muh Khoirun Nafi SPd, Dania Syafaati SPd, dan satu wakil baru, yaitu Ria Budi Ashari SPd (Bidang Humas dan Publikasi). Sedangkan rencana program kerja KB-TK Nasima disajikan oleh Kepala Sekolah, Nur Anisah SS MPd dan wakilnya yang hanya satu, yaitu Sulis Setiyo Rini SPd.

BASIS TI: Wakil Kepala SMA Nasima Bidang Kurikulum dan Pengajaran, Isnayani Tabiul Mursyida MPd memaparkan rencana program bidangnya dengan bahasa Inggris dan berbantuan Interractive Flat Panel (25/6/2024).

 Puncak raker

            Setelah berproses selama dua bulan Rapat Kerja Sekolah Nasima 2024/2025 sampai pada puncak kegiatan. Semua organ yayasan, guru, dan tenaga kependidikan hadir dalam forum puncak raker yang dihelat selama dua hari pada Jumat-Sabtu, 5-6/7/2024. Pada hari Jumat organ yayasan yang tampak hadir antara lain Anggota Pembina, Dewi Nasima SKel MSc, Ketua Pengurus, Dr Indarti MPd, Wakil Ketua Pengurus, Ilyas Johari SPd MM, Wakil Sekretaris, Adhi Nugroho SKel MSc, Ketua Pengawas, Drs H Ragil Wiratno MH, dan Anggota Pengawas Drs H Nowo Susilo BA.

Agenda pada Jumat 5/7/2024 adalah presentasi Ketua Pengurus, Direktur Litbang, Direktur Asrama dan Keagamaan, Direktur Sarana Prasarana dan Pengadaan, Direktur SDM, dan Direktur Eksekutif sebagai pamungkasnya. Ketua Pengurus, Dr Indarti MPd memaparkan bagan penguatan dan percepatan program kerja YPI Nasima masa khidmah 2019-2024. “Tiga program induk yayasan ini tidak berdiri sendiri-sendiri, namun menjadi satu kesatuan yang saling terkait

Direktur Litbang, Supramono MPd mempresentasikan hasil kuisioner kepuasan pelanggan terhadap layanan pendidikan Sekolah Nasima dan garis besar program kerja semua unit sekolah, teutama yang inovatif dan fokus pada penguatan serta percepatan program yayasan. “Semua program yang sudah kita susun selama ini kita perkuat dan percepat agar mencapai target yang sudah ditetapkan indikator-indikatornya. Yayasan siap menyuport maksimal, antara lain membangun asrama yang lengkap dan nyaman untuk program Nasima Pare English Camp (NPEC), melengkapi laboratorium dan kelas dengan Interractive Flat Panel (IFP) atau smart board secara bertahap, merevitalisasi tata ruang perpustakaan dan melengkapi koleksi pustaka berbahasa asing, Cambridge Assesment English diwajibkan untuk semua level kemampuanpenerapan dan sebagainya,” kata Supramono.

SKEMA PROGRAM: Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd memaparkan skema program induk YPI Nasima agar lebih nudah dipahami dan dijabarkan secara implementatif serta komprehensif (5/7/2024).

BASIS DATA: Di hadapan semua guru dan tenaga kependidikan serta organ yayasan dan pimpinan sekolah Direktur Litbang YPI Nasima, Supramono MPd memaparkan data-data kuantitatif dan kualitatif yang perlu diacu dalam merumuskan suatu program.

Direktur Asrama dan Keagamaan, Ahmad Mundzir SPd MAg. AH menyampaikan beberapa hal terkait evaluasi global kualitas pelaksanaan ibadah, penguatan metode mengaji Tartiluna, dan program-program penguatan serta percepatan perihal keagamaan di Semarang. Direktur Sarpra menyampaikan kebijakan-kebijakan strategis terkait kerumahtanggaan lembaga. Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), Hj Dwi Astuti MPd mengulas kembali materi kode etik guru dan tenaga kependidikan, serta kebijakan-kebijakan pengembangan SDM. Terakhir, Direktur Eksekutif, Hj Mila Christanty SPd MM memaparkan kebijakan-kebijakan strategis dari lembaga terkait sistem penganggaran dan peningkatan kesejahteraan.

            Sabtu 6/7/2024 kegiatan diselenggarakan lebih khidmat dan seremonial. Hadirinnya lebih lengkap. Dua Pendiri sekaligus Pembina YPI Nasima, Hj Djumini Setyoadi SH MKn dan Dewi Nasima SKel MSc hadir dari awal sampai akhir acara. Hadir pula Ketua Pembina YPI Nasima, KH Hanief Ismail Lc, Ketua Pengurus YPI Nasima, Dr Indarti MPd dan jajaran, serta Ketua Pengawas YPI Nasima, Drs H Ragil Wiratno MH beserta jajaran. Seluruh guru dan tenaga kependidikan hadir. Total lebih dari 250 orang yang hadir.

Susunan acara puncak raker hari kedua tersebut antara lain pembukaan khas Sekolah Nasima, sambutan koordinator rapat kerja (Direktur Litbang), pengesahan program kerja dan rencana anggaran belanja semua unit, sambutan Ketua Pengawas YPI Nasima yang diwakili oleh Anggota Pengawas, Drs H Nowo Susilo BA, sambutan Ketua Pengurus YPI Nasima, nasihat Ketua Pembina YPI Nasima, penyerahan surat-surat keputusan kepegawaian, doa, dan menyanyi lagu “Kebyar-kebyar”.

PEMIMPIN UNIT: Ketua Pengurus YPI Nasima (paling kanan) dan Direktur SDM YPI Nasima, Hj Dwi Astuti SPd MM (paling kiri) bersama Kepala SD Nasima yang baru, Lulu Arifatun Munasiroh SPd (nomor 2 dari kiri) serta para wakil kepala semua unit sekolah baru atau yang diperpanjang masa jabatannya.

TENAGA MUDA: Guna memenuhi beragam formasi yang membutuhkan tenaga baru maupun menggantikan guru yang purnatugas YPI Nasima mengangkat guru serta tenaga kependidikan muda serta berkompetensi dan berkomitmen.

Penyerahan surat keputusan (SK) kepegawaian yang pertama adalah SK YPI Nasima terkait serah terima jabatan Kepala SD Nasima dari TY Raharja SPd kepada Lulu Arifatun Munasiroh SPd. Serah terima SK berikutnya terkait pengangkatan wakil kepala sekolah baru menggantikan pejabat sebelumnya yang berakhir masa jabatannya dan pengangkatan kembali beberapa jabatan wakil kepala sekolah untuk periode kedua. SK ketiga terkait pengangkatan guru dan tenaga kependidikan baru setelah dinyatakan diterima dan lolos serangkaian seleksi kompetensi maupun kepribadian. SK keempat terkait peningkatan status kepegawaian (dari guru honorer menjadi blok, tidak tetap menjadi tetap). Penyerahan SK yang terakhir adalah SK penghargaan masa kerja 25 tahun di Sekolah Nasima yang kebetulan bersamaan dengan penyerahan SK purnatugas.

PURNATUGAS: Ketua Pengurus YPI Nasima (paling kiri) dan Direktur SDM (paling kanan) bersama dengan tiga guru SD Nasima yang memasuki masa pensiun, yaitu (dari kiri) Wardoyo SPd, Dra Tutik Swandayani, dan Suratmin SPd.

“Kami selalu bersyukur dan bangga atas semangat dan kinerja semua elemen Sekolah Nasima yang selalu menyusun program-program inovatif sekaligus pencapaian-pencapaian target kualitas yang terus meningkat. Kami berpesan kepada ibu bapak semua untuk bersyukur atas semua yang diraih, tidak jumawa dan cepat puas, namun selalu mengevaluasi diri agar lembaga ini terus dinamis dan berkembang pesat sepanjang masa. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa melimpahkan ridha dan pertolongan kepada kita,” kata nasihat Ketua Pembina, KH Hanief Ismail Lc. “Kami juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada rekan-rekan yang menerima SK pada hari ini. Selamat menjalankan amanah tugas sebaik-baiknya. Kepada Bu Tutik, Pak Ratmin, dan Pak Wardoyo yang purnatugas. Terima kasih atas segala dedikasinya. Semoga selalu sehat dan tetap bermanfaat,” tambah Kyai Hanief.

USAHA DAN DOA: Ketua Pembina YPI Nasima, KH Hanief Ismail Lc sedang memberi nasihat-nasihat berharga kepada semua warga Sekolah Nasima.

Sosialisasi program

Sepekan setelah pengesahan program kerja, semua unit sekolah melakukan sosialisasi kepada warga sekolah. Pertama, sosialisasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui forum rapat tatap muka. Meskipun pada prosesnya para guru ikut menyusun program, namun mereka terbagi tugasnya di beberapa bidang sehingga belum mengetahui program secara utuh dan komprehensif. Setelah itu diteruskan sosialisasi kepada orang tua peserta didik secara kombinatif, yaitu secara daring dan tatap muka.

MEMBANGUN SINERGI: Kepala SMP Nasima, Yudina Tri Heryanti MPd (berdiri) memaparkan program kerja SMP Nasima di Aula Masohi kepada orang tua peserta didik kelas VII agar terbangun sinergi secara apik.

“Sosialisasi program kerja kami lakukan secara bergelombang dan masif ke semua warga sekolah agar semua memiliki pemahaman yang setara. Alhamdulillah semua memberi respon positif. Selanjutnya kita bangun komunikasi, koordinasi, dan sinergi agar pelaksanaan program lancar serta efektif mencapai target,” kata Kepala SMP Nasima, Yudina Tri Heryanti MPd seusai melakukan sosialisasi program kerja sekaligus silaturahmi awal tahun dengan orang tua peserta didik kelas VII. Tempatnya di Aula Masohi SMP Nasima Jalan Trilomba Juang 1 Semarang. (naskah: Pram, foto: Nur & Aprista)


Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *